Pages

Kamis, 16 April 2009

Huruf LED

Huruf LED (seri 1)

LED dapat disusun menjadi sebuah huruf. Hubungan antar LED dapat dihubung secara seri ataupun paralel. Susunan LED yang ditampilkan pada gambar di bawah ini dihubung secara paralel.

Skema Huruf LED (1 huruf)

Setiap huruf LED pada kaki katoda harus dihubungkan dengan kaki kolektor transistor C1815, sedang basis transistor dihubungkan ke resistor (470R). Kaki resistor yang lain dapat dihubungkan ke Output IC 4017 (kaki 3, 2, 4, 7, 10, 1, 5, 6, 9, 11).

Lay-Out Atas Huruf LED (4 huruf)


(Lay-out ini bukan ukuran sebenarnya)

4 komentar:

  1. Salam kenal yaaa namaku DEDI dari Denpasar Bali.
    Saya mau bikin huruf led yang bisa bergerak dengan pesan bisa bergantian. Apa sajakah yang diperlukan dan dimana membeli alat2 nya. tolong diberitahu yaaa ke alamat email: deddyadv@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  2. Rangkaian diatas support maximal berapa led ya?

    BalasHapus
  3. Buat Saudara Deddy.
    Sori baru balas soalnya baru turun gunung. Untuk rangkaian di atas pesan tidak bisa bergantian, karena rangkaian tersebut hanya menyalakan susunan huruf LED, mulai dari huruf pertama misalnya D kemudian E (LED penyusun huruf D mati ketika huruf E nyala), demikian seterusnya. Kalau mau yang bergerak dengan pesan yang bisa bergantian itu ada lagi, dan lebih dikenal dengan nama moving LED. Coba aja kunjungi situs creative vision yang menjualnya secara online. Atau kalau Deddy kebetulan jalan-jalan ke Jakarta, moving LED banyak di jual di Glodok.

    BalasHapus
  4. Buat Marc,
    Satu huruf pada rangkaian di atas disusun dengan teknik matrik 5 x 7, jadi untuk satu huruf dapat tersusun oleh 35 LED (dengan susun paralel). Contoh lay out yang saya berikan mendukung untuk 4 huruf, jadi bisa disusun oleh 4 x 35 LED = 140 LED. Tapi selain disusun secara paralel LED juga bisa disusun secara kombinasi (seri dan paralel). Mudah-mudahan kalo ada waktu lay outnya saya berikan di blog ini. Tapi kalo Marc rumahnya deket Senen (Jl. Kembang Sepatu) di sana ada yang jual PCB jadi untuk huruf LED.

    BalasHapus